Senin, 04 Januari 2016

CONTOH LKS MATERI FPB DAN KPK


LEMBAR KERJA SISWA
“Kalender Gulali”
Nama  :                                                Kelas/No. Absen :                               Tanggal :        
 

A.    Kompetensi Dasar
Menggunakan faktor prima untuk menentukan FPB dan KPK
B.     Tujuan Pembelajaran
Menggunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK
C.    Materi Pembelajaran
Bilangan prima adalah bilangan bulat lebih dari satu yang hanya bisa terbagi habis oleh 1 dan bilangan itu sendiri.
Contoh: 2, 3, 5, 7, 11, dll
Faktor prima adalah faktor-faktor dari suatu bilangan yang berbentuk bilangan prima. Sedangkan faktorisasi prima adalah suatu perkalian dari semua faktor-faktor primanya.
Contoh :
Faktor dari 15 adalah 1, 3, 5, dan 15. Dari faktor-faktor 15 tersebut terdapat faktor prima, yaitu 3 dan 5. Jadi faktor prima dari 30 adalah 3 dan 5. Dan faktorisasi primanya adalah 3 x 5 = 15.
FPB (Faktor Persekutuan Besar) dari dua bilangan adalah suatu bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis kedua bilangan itu.
Contoh :
Mencari FPB dari 12 dan 30.
Faktor dari 12 adalah : 1,2,3,4,6,12
Faktor dari 30 adalah : 1,2,3,4,5,6,15,30
FPB dari 12 dan 30 adalah 6, karena 6 adalah faktor dari kedua bilangan tersebut yang terbesar adalah 6.
KPK (Kelipatan Persekutuan Kecil) dari dua bilangan adalah suatu bilangan bulat positif terkecil yang dapat dibagi habis oleh kedua bilangan itu. Contoh:
Mencari KPK dari 4 dan 14
Kelipatan 4 = 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, …
Kelipatan 14 = 14, 28, 42, …
Dari kelipatan dua bilangan tersebut, terdapat 2 bilangan kelipatan sama yang terkecil yaitu 28, jadi KPK dari 4 dan 14 adalah 28.
D.    Alat dan Bahan
1.      Alat tulis
2.      LKS Kalender Gulali
E.     Langkah-langkah
1.      Siapkan alat tulis dan LKS Kalender Gulali
2.      Baca dan analisis soal cerita
3.      Lalu dikerjakan
F.     Tugas
1.      Ani membeli permen rasa coklat 20 buah dan rasa susu 30 buah. Kemudian dia membawa permen tersebut ke kelas, dan membagi permen tersebut kepada temannya. Berapa banyak siswa yang harus diberikan agar permen tersebut tak tersisa?
2.      Fuji dan ahmad mengikuti sebuah lembaga kursus matematika. Fuji kursus setiap 3 kali seminggu. Dan ahmad kursus 4 kali seminggu. Pada tanggal keberapakah mereka bertemu dan belajar kursus bersama?
3.      Bu Aminah mempunyai 10 kelengkeng dan 20 anggur, kelengkeng dan anggur akan di masukkan kedalam plastik dengan jumlah yang sama besar.
a. Berapa plastik yang diperlukan untuk membungkus buah tersebut?
b. Berapa banyak kelengkeng dan anggur pada masing-masing plastik?
4.      Ani bermain bulu tangkis 6 hari sekali, dan kamal bermain bulu tangkis 8 hari sekali. Kedua-duanya sama-sama berenang ditanggal 1 Mei 2015. Kapan kedua-duanya sama-sama bermain bulu tangkis untuk yang kedua kalinya?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar